Tuesday, January 8, 2013

Hadapi Banjir Pastikan Stok Pangan Aman
Pemkab Siapkan 100 Ton Beras
---------------------------------------------------

     Menghadapi kemungkinan banjir akibat luapan Bengawan Solo Pemkab Bojonegoro memastikan stok pangan dalam kondisi aman. Bahkan Pemkab sendiri telah menyiapkan berbagai kebutuhan logistik untuk disuplai kepada wilayah yang terdapat kantung pengungsi akibat banjir. Salah satunya adalah persediaan beras yang mencapai 100 ton lebih.

                           Foto : Tonny Ade Irawan LOGISTIK AMAN : Sebanyak 100 ton beras dan berbagai logistik lainnya disiapkan oleh Pemkab Bojonegoro sebagai antisipasi adanya pengungsian akibat banjir di wilayahnya.
   Dari data yang dihimpun di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial menyebutkan selain beras ada juga bantuan yang baru diterima dari kementrian sosial. Bantuan yang diberikan sendiri senilai Rp 475 juta lebih. Bantuan itu memperkuat logistik guna menghadapi kemungkinan banjir.

    Jumlah tersebut terdiri dari mie instant sejumlah 12.900 karton, sarden sejumlah 5.400 kaleng  selain juga kecap sebanyak 1.800 paket. Ada juga sambel kemasan sejumlah 1.800 paket juga minyak goreng sebanyak 200 paket serta makanan siap saji mencapai 200 paket. Ada juga Food ware sejumlah 200 paket, Kid Ware sebanyak 200 paket dan familly Kid  sebanyak 200 paket. 

     Tidak hanya itu jumlah tersebut belum termasuk peralatan seperti perahu, dapur umum dan lain sebagainya yang juga disiapkan menghadapi kemungkinan adanya pengungsian akibat banjir. Sementara Pemkab sendiri juga menyiapkan personel jika memang permukaan Bengawan Solo mencapai iaga III (15.00).

     Dimana jika permukaan Bengawan Solo mencapai siaga III sebanyak sepertiga Pegawai Negeri ipil Pemkab Bojonegoro akan di tempatkan di wilayah bencana. Sekitar 4 ribu pegawai kecuali Guru dan Tenaga Kesehatan akan diperbantukan di wilayah bencana dari 12 ribu pegawai yang dimiliki. Sampai dengan pukul 00.00 WIB (8/1/13) permukaan Bengawan Solo di papan duga Bojonegoro tercatat (Siaga II) dengan tren yang terus naik. Sementara kondisi hulu sendiri juga dengan tren naik. (ade)


No comments:

Post a Comment