Tuesday, January 1, 2013

Bundaran Jetak Bojonegoro.
Siang Taman Air Malam Tambah Cantik.
--------------------------------------------------

BUndaran Jetakmenjadi taman air dan lampu.
                                                             Foto : Tonny Ade Irawan Bundaran Jetak : Setelah di renovasi beberap kali Bundaran Jetak makin cantik dan menjadi salah satu Ikon Bojonegoro
     Bundaran Jetak Bojonegoro merupakan perempatan jalan yang berada di sebalah barat kota. Jika ke arah barat  maka bundaran tersebut akan menuju ke wilayah Cepu Jawa Tengah. Sementara jika menuju wilayah selatan maka akan sampai ke Nganjuk. Dan jika ke arah utara atau timur maka akan menuju Kota Bojonegoro.


    Tidak ada yang tahu sejak kapan kapan bundaran tersebut ada. Namun sejak era tahun 1970 sampai dengan akhir tahun 2010 bundaran tersebut hanya berupa taman bundar yang ditengahnya terdapat tiang lampu ke empat jurusan. Sempat pada awal tahun 1990 an di sisi utara bundaran tersebut ditambah menara jam yang diambilkan dari Bundaran Sumbang.

     Namun pada tahun 2010 bundaran tersebut di ganti dengan taman air oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Saat itu dana yang disediakan sendiri kurang dari Rp 100 juta sehingga hasilnya dianggap kurang maksimal. Bahkan oleh sebagian orang saat itu taman air yang dilengkapi air mancur terlalu kecil pancaran airnya.

     Karena itu pada akhir tahun 2011 DKP kembali melakukan renovasi bundaran dengan sedikit memperkecilnya guna mempermudah pengguna mobil berbelok saat melintas. Desainnya pun disiapkan sedemikian rupa dengan tema "Lestarikan Bumi Untuk Ketersediaan Air Sebagai Sumber Kehidupan'' dimana di bagian paling atas terdapat miniatur bola bumi yang terus memancarkan air.  Dananya pun disediakan Rp 150 jutadalam Perubahan APBD saat itu.

     Hasilnya kini pengguna yang melintas pasti akan menoleh taman air yang kini menjadi salah satu ikon Bojonegoro. Bahkan saat malam taman air itu sendiri dihiasi warna-warni lampu yang menambah indah pemandangan saat malam.Tak jarang beberapa pengguna jalan yang kebetulan melintas berhenti dan berfoto di Bundaran Jetak untuk mengabadikannya. (ade)



No comments:

Post a Comment